Cara Membuat Mail Merge Gambar di Word

 

Cara Membuat Mail Merge Gambar di Word


Cara menyisipkan gambar pada dokumen mail merge. Sesuai untuk pembuatan piagam, sertifikat, kartu anggota atau kartu peserta, katalog produk, dan lain-lain.

Tahap 1: Siapkan File Gambar untuk Mail Merge

Siapkan semua gambar atau foto untuk mail merge dalam format JPG atau PNG dan simpan gambar dalam folder yang sama dengan dokumen mail merge.

Tahap 2: Siapkan Sumber Data Excel

Siapkan data Excel dan simpan di folder file mail merge.

  • Sisipkan link lokasi file gambar dengan cara: pada tab Insert, klik Hyperlink.
  • Pilih gambar dan tekan tombol OK.
  • Setelah semuanya selesai, simpan file Excel (CTRL + S).
  • Bila mau, simpan file Excel (Save as) ke format CSV. (word 97)
    Langkah ini tidak wajib, tapi menggunakan file csv sangat mempermudah akses data dari dokumen Word. Terutama bila instalasi Office tidak lengkap atau ada masalah lain dalam koneksi data Excel.

Tahap 3: Buat Dokumen Mail Merge Word

Langkah-langkah:

  1. Di dokumen mail merge Word, pada tab Mailings, klik Start Mail Merge dan pilih bentuk mail merge yang diinginkan. Tutorial ini memilih Labels.
  2. Sisipkan sumber data mail merge.
    Pada tab Mailings, klik Select Recipients dan pilih Use Existing List. Pilih dokumen Excel (.xlsx) atau .csv yang dibuat pada Tahap 2 di atas. Kemudian klik Open.
  3. Taruh data pada masing-masing tempatnya.
    Pada tab Mailings, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih field untuk ditempatkan ke dokumen. Ulangi langkah ini untuk field yang lain.
  4. Tekan tombol ALT + F9 untuk menampilkan kode field.
  5. Pilih atau sorot kode field Gambar dan buat 2 kurung kurawal dengan menekan tombol CTRL + F9.
  6. Kemudian secara berurutan ketik INCLUDEPICTURE dan IF TRUE di masing-masing bagian awal kurung kurawal. Dan sebelum kurung kurawal terakhir ketik \* MERGEFORMAT \d
  1. Tekan tombol ALT + F9 untuk menyembunyikan kode field. Sekarang tampilan field gambar akan kosong.
  2. Untuk melihat hasilnya, klik Preview Results pada tab Mailings. Akan muncul gambar pada label pertama.
  3. Bila sudah selesai semuanya, klik Update Labels. Semua label akan berisi gambar yang sama. Tidak perlu khawatir, lanjutkan dengan menekan Preview Results. Sekarang masing-masing label memiliki gambar yang berbeda.
  4. Simpan hasil mail merge ke dokumen baru dengan mengklik tombol Finish & Merge, pilih Edit Individual Documents, klik All dan OK

Comments

Popular posts from this blog

RUMUS VBA WORD SIMPAN OTOMATIS MAIL MERGE DALAM BENTUK PDF SECARA OTOMATIS DAN MENGGUNAKAN PASSWORD

RUMUS VBA UNTUK MENYISIPKAN GAMBAR SECARA OTOMATIS DI EXCEL